Kendala dan Solusi
Kendala dan Solusi seputar SiRUP

Daftar Kendala dan Solusi Seputar SiRUP


NoKendalaSolusiKeterangan
1RKA-K/L/D belum ditetapkan tapi harus segera lelangBuat paket pengadaan secara manual
2Belum mendapatkan berkas RKA-K/L/D tapi RUP harus segera diumumkanBuat paket pengadaan secara manual
3Cara upload file RKAKL (Kementerian/Lembaga)

1. Mohon dipastikan file RKAKLnya dengan format yang sudah benar excel. (xls kecil) / (tidak terprotec). Jika masih Terprotec biasa berformat  excel .(XLS Besar)


2. Jika masih "terprotec" copy paste file RKAKL yang dimaksud kedalam excel baru lalu save as dengan type: excel 97-2003 workbook.

3. Pastikan sebelum login dan mengunggah kembali file RKAKL, dipilih tahun anggaran pada home aplikasi SiRUP


4. silahkan upload kembali file RKAKL, untuk menampilkan kembali menu "upload" silahkan menambahkan link url:( /formuploadrka?tahunAnggaran=2018)
sehingga menjadi link sbb: https://sirup.lkpp.go.id/sirup/rkactr/formuploadrka?tahunAnggaran=2018

5. Panduan Penggunaan aplikasi SiRUP dapat di download pada menu "Unduh"  dan Link:https://sirup.lkpp.go.id/sirup/unduhctr/unduh (nomor 8)


4
Paket RUP tidak tampil di aplikasi Katalog
Pastikan Pengadaan yang melalui Katalog pada form isian RUP ( Metode Pemilihan Penyedia) di pilih "E-purchasing"

5
Paket RUP tidak tampil di aplikasi SPSE

Pastikan jika pengguna SPSE versi 3.6 minimal sudah sp4 dengan build terbaru

Jika berbeda belum terupdate, berkoordinasi dengan Direktorat Pengembangan SPSE: https://eproc.lkpp.go.id/




6
Pengguna dan Peran  Aplikasi SiRUP K/L/I dan Pemerintah Daerah


KLI

Admin PPE

  • Kelola Satker di lingkungan KLI
  • Membuat user PA/KPA
  • Diperankan oleh Admin LPSE

PA/KPA

  • Unggah RKA-K/L (mekanisme upload)
  • Input Program/kegiatan (mekanisme entry manual)
  • Identifikasi Pemaketan
  • Mengumumkan RUP
  • Edit RUP
  • Membuat User Admin PA/KPA
  • Mendelegasikan Program/kegiatan ke admin PA/KPA
  • Serahkan Program/Kegiatan Dana Dekon TP ke Instansi Penerima


Admin PA/KPA

Membantu PA/KPA dalam hal:

  • Identifikasi Pemaketan
  • melengkapi isian paket RUP
  • Edit RUP

Pemerintah Daerah

Admin PPE

  • Unggah RKA-D yang berasal dari SIKD, Simda, SIPKD
  • Kelola SKPD di lingkungan Pemda
  • Membuat user PA/KPA
  • Diperankan oleh Admin LPSE

PA/KPA

  • Identifikasi Pemaketan
  • Input Program/kegiatan (mekanisme entry manual)
  • Mengumumkan RUP
  • Edit RUP
  • Membuat User Admin PA/KPA
  • Mendelegasikan Program/kegiatan ke admin PA/KPA
  • Input Dana Dekon TP dari K/L


Admin PA/KPA

Membantu PA/KPA dalam hal:

  • Identifikasi Pemaketan
  • melengkapi isian paket RUP
  • Edit RUP



7
Tahapan proses cetak RUP

Saat ini cetak terfasilitasi pada level akun "user PPE dan  PA/KPA"

(untuk level a admin PA/KPA masih dalam tahap delevopment)

1. Login sebagai PPE atau PA/KPA

2. Pilih Menu "Unduh"

3. klik submenu "Paket RUP "

4. Buat ulang Berkas

5. Pastikan  Progres 100%

6. Klik icon PDF



8
Langkah  Aktifkan Satker oleh PPE

 Aktifkan Satker diperankan (PPE)

1. Login

2.  Klik menu "Kelola Data"

3. Pilih submenu "Kelola Satker"

4.  Pilih "Action" pilih icon "Ubah Satuan Kerja"

5. Ceklis tahun Aktif dan Simpan


9
Error pada aplikasi SiRUP"Refresh" sampai aplikasi normal
10