Panduan PPK pada SiRUP 2.3
Panduan Akun PPK pada SiRUP 2.3
PEMBERITAHUAN

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pemberlakuan Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dimana penyusunan Perencanaan Pengadaan dilakukan oleh PPK, maka pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) saat ini juga menyesuaikan dengan adanya tambahan pengguna yaitu user PPK, dimana user PPK dibuat oleh admin agency LPSE melalui aplikasi SPSE (e-tendering), Silahkan berkoordinasi dengan LPSE K/L/PD yang membawahi instansi Bapak/Ibu.
Langkah-langkah:

PPK;
1. PPK meminta Akun PPK kepada Admin Agency LPSE (jika belum ada)
2. PPK melakukan login di aplikasi SPSE
3. Pilih menu "Aplikasi-Eproc lainnya"
4. Pilih tombol link SiRUP
5. Lengkapi isian form Data
    (pastikan pilih K/L/PD dan Satker/OPD dengan tepat) -> Klik Simpan

PAKPA;
6. PAKPA melakukan login di SiRUP
7. Lakukan verifikasi PPK
   * Pilih Menu Kelola Data -> Pilih Sub Menu Kelola Pengguna -> Klik icon paling kanan di kolom action  (verifikasi PPK)
8. Delegasi Program/Kegiatan/Output/Komponen (PKOK) ke PPK    
   * ​Pilih Menu Kelola Data -> Pilih Sub Menu Kelola PKOK -> Pilih salah satu anggaran Program/Kegiatan/Output/SubOutput/Komponen ->     
   Edit PKOK tersebut -> pilih PPK diisian Delegasikan Kepada -> Klik Simpan

PPK;
9. Login PPK di SPSE (e-Tendering)
10. Pilih menu "Aplikasi-Eproc lainnya"
11. Pilih tombol link SiRUP
12. Buat Paket:
      * Secara Manual: Pilih Menu "RUP” -> Pilih Sub Menu Penyedia/Swakelola -> Tambah Paket
      * Secara Identifikasi Pemaketan (upload file): Pilih Menu “RUP” -> Pilih Sub Menu Rencana Kerja Anggaran -> Pilih Salah satu         
      Kegitan/Komponen -> Identifikasi Pemaketan->Generate Paket-> Lengkapi isian formulir
13. Finalisasi Draf Paket
    * ​Pilih Menu "RUP” -> Pilih Sub Menu Penyedia/Swakelola -> Pilih paket yang akan di finalisasi dengan klik check box di kolom FD -> Klik
    tombol Finalisasi Draft yang berada di kanan atas tabel

PAKPA:
14. PAKPA melakukan login di SiRUP
15. Umumkan paket
      * ​Pilih Menu "RUP” -> Pilih Sub Menu Penyedia/Swakelola -> Pilih paket yang akan di umumkan dengan klik check box di kolom U -> Klik
      tombol Umumkan yang berada di kanan atas tabel

Terimakasih,
Direktorat Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Pengadaan
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
helpdesk.pmep@gmail.com